Tips Cepat Mempelajarai Piano

Piano adalah instrumen yang unik dan menarik, dan juga menyenangkan untuk dimainkan. Meskipun kalian mungkin berpikir bahwa tidak mungkin menjadi pemain yang mahir dan konsisten tanpa bertahun-tahun belajar bermain piano yang maha, padahal belum tentu seperti itu. Dengan sedikit pengetahuan tentang nada, kunci, dan akor, dan banyak latihan, kalian bisa belajar sendiri bermain piano sampai kalian menjadi pemain piano yang hebat. Temukan piano atau digital piano yang cocok untuk kalian. Jika kalian tidak memilikinya di rumah, mungkin kalian dapat meminjamnya dari teman. Piano ini memiliki bunyi akustik karena dihasilkan oleh senar tetapi digital piano berbeda, digital piano menghasilkan suara dari suara piano yang di rekam, kemudian saat kita menekan tutsnya maka suara rekaman tersebut akan terdengar. Piano juga memiliki 88 kunci sedangkan digital poano tidak memiliki salah satu dari fitur ini. Ingatlah hal itu saat menentukan pilihan kalian. Tergantung pada jenis piano yang kalian inginkan, grand piano akustik umumnya melebihi harga yang lebih mahal daripada digital piano. Jika kalian memiliki piano tua bekas peninggalan orang tua ataupun saudara kalian, jika piano tersebut sudah sangat lama tidak dimainkan kemungkinan suaranya sudah tidak selaras sehingga kalian harus menyetelnya terlebih dahulu.

Tetapi jika kalian harus membeli piano tetapi harganya tidak sesuai dengan budget kalian, digital piano adalah alternatif yang bagus. Harganya lebih terjangkau, kita tidak perlu menyetel karena suaranya tidak pernah berubah dan memiliki banyak suara dan fitur yang dapat meningkatkan kreatifitas music kalian. Belum lagi, digital piano jauh lebih mudah untuk dipindah-pindahkan dan tidak memakan banyak ruang. Digital piano adalah alat yang sangat tepat untuk pemula. Kalian dapat memulai belajar piano dengan digital piano dan kemudian meningkatkan ke piano. Digital piano dapat membantu kalian lebih cepat belajar bermain piano. Biasanya, digital piano sudah dilengkapi dengan buku dan video yang akan membantu kalian mempelajari notasi musik.

Kemudian setelah kalian memiliki piano atau digital piano kalian, cobalah membiasakan diri, kemudian kalian juga harus membiasakan diri dengan nada-nadanya nada bass, nada tinggi. Kalian harus mendengarkannya dengan seksama. Teruslah berlatih sampai kalian bisa membedakan setiap notsnya. Pelajari kunci-kunci utama, kalian harus mempelajari kunci utama jika kalian ingin dapat mengidentifikasi suara yang kalian dengar. Beberapa orang melakukan ini dengan mempelajari kunci utama dan kemudian memberikan nomor kepada tuts-tuts pada piano mereka Misalnya, 1 adalah C; 2 adalah D adalah 3 adalah E adalah 4; F adalah 5; G adalah 6 adalah A; 7 adalah B; 8 adalah C. Perhatikan bagaimana angka 8 dan 1 keduanya adalah kunci C, tetapi angka tersebut mewakili C yang lebih rendah atau lebih tinggi. Angka 1 adalah C rendah dan 8 adalah C tinggi. Setelah kalian berlatih tentang kunci-kucni ini, kalian dapat memberi label lagu dengan angka, bukan huruf. Misalnya, “Mary Had a Little Lamb” akan menjadi E – D – C – D – E – E – E. Ini akan direpresentasikan sebagai 3 – 2 – 1 – 2 – 3 – 3 – 3 – 3. Jika kalian tidak memiliki kemampuan music sama sekali kalian bisa mempelajari kunci-kunci dasardari video-video yang ada di youtube.

Gimana guys tidak sesulit itukan untuk belajar instrument yang satu ini, semoga tips diatas sangat bermanfaat untuk kalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *