kaos anak

Kiat Tepat untuk Bersihkan Baju Anak Muslim dari Bahan Katun

Untuk ke acara tertentu misalnya pengajian, anak butuh baju yang sesuai misalnya untuk anak perempuan butuh baju anak muslim  yang nyaman untuk dikenakan. Baju yang bisa dibeli saat Anda sedang belanja online ini bisa terbuat dari bahan kain apa saja dan umumnya yang dipilihkan untuk anak adalah yang terbuat dari bahan katun. Setelah dipergunakan misalnya setelah lebaran, kerap kali baju muslim yang dipergunakan oleh anak tersebut kotor dan butuh penanganan ekstra.

Sebelum Anda mencuci baju muslim anak tersebut, ketahui dahulu cara perawatan dari baju tersebut. Biasanya, pada baju terdapat label kecil yang berisi informasi singkat mengenai cara perawatan dari baju tersebut. Walaupun sama-sama katun, namun ada beberapa jenis katun yang bahannya sangat halus dan butuh penanganan ekstra agar serat kain baju muslim tersebut tidak rusak.

Setelah itu, pisahkan pakaian anak Anda dengan pakaian yang lainnya yang berwarna terutama jika warna baju anak Anda adalah putih. Hal ini dilakukan untuk menghindari warna yang luntur dari baju berwarna lainnya sehingga baju muslim anak tetap dalam kondisi yang bagus dan putih. Cek apakah baju anak muslim yang akan Anda cuci tersebut memiliki noda yang susah dibersihkan atau tidak. Perhatikan juga tingkat ke kotoran dari baju. Jika pakaian tersebut terlalu kotor, misalnya disebabkan karena coklat yang dikonsumsi anak, pisahkan dengan baju yang lainnya agar tidak mengotori pakaian yang lainnya.

Pilih deterjen yang tepat. Ketahui dahulu kondisi kulit dari anak Anda, apakah ia memiliki kulit yang sensitif atau tidak. Jika sensitif, Anda bisa memilih jenis deterjen cair yang bisa masuk ke serat kain dan meninggalkan sedikit residu. Sebisa mungkin hindari memilih deterjen baik cair atau bubuk yang mengandung banyak bahan kimia agar tidak mengganggu kesehatan dari kulit anak, misalnya anak menjadi tidak gatal-gatal.

Gunakan takaran yang pas dan hindari untuk merendam pakaian terlalu lama. Waktu perendaman baju termasuk baju muslim yang terbuat dari bahan katun yang mudah untuk menyerap keringat ini adalah selama 30 menit. Hal ini disebabkan karena bahan katun bisa cepat rusak jika proses perendaman berlangsung cukup lama yang disebabkan karena deterjen tersebut mengandung bahan kimia yang bisa merusak bahan baju terutama jenis baju dari bahan kaos.

Saat membersihkan nodanya, hindari untuk mengucek atau menyikat terlalu keras. Umumnya saat ini banyak masyarakat yang akan memilih untuk mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Namun tidak sedikit yang masih menggunakan tangan dengan tujuan agar serat pakaian bisa terjaga dengan baik. Akan tetapi, jika Anda menyikatnya atau menguceknya terlalu keras, cara tersebut juga bisa merusak serat kain apalagi untuk membersihkan noda yang membandel. Solusinya, lakukan cara jitu untuk membersihkan noda tersebut terlebih dahulu baru dicuci seperti biasa. Jikapun menggunakan mesin cuci, hindari menggunakan mesin tersebut dengan kecepatan yang tinggi.

 Cara lainnya untuk menjaga agar baju anak muslim tetap dalam kondisi yang bagus dan bersih, adalah:

  • Hindari untuk menggunakan pemutih terlalu banyak, jika perlu tidak sama sekali. Hal ini disebabkan karena zat kimia tinggi pada pemutih dapat menyebabkan warna pakaian menjadi memudar. Jikapun perlu, gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke pemutih pakaian untuk memutihkan bagian yang bernoda.

  • Menjemur baju dengan bagian dalam baju ada di bagian luar sehingga bagian luar baju yang asli tidak mudah untuk pudar warnanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *