qurban

Berbagi Kebahagiaan di ‘Idul Qurban

Di Indonesia, hampir setiap perusahaan besar menyisihkan sebagian keuntungan untuk masyarakat, sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Sebagai salah satu raksasa perusahaan otomotif multi nasional yang berlokasi di Indonesia, Astra pun tak luput dari tanggung jawab itu. Dana CSR disalurkan dalam berbagai bidang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu segi kehidupan manusia yang cukup penting adalah sisi religius. Hubungan manusia dengan Tuhan mampu membentuk manusia menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi sesama. Ini sangat disadari oleh seluruh jajaran manajemen Astra. Jiwa yang kosong dari unsur kebaikan akan sangat berbahaya bagi manusia yang lain.

Di Indonesia, mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu momen keagamaan bagi umat Islam adalah perayaan Hari Raya Idul Qurban. Di hari itu, mereka memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas menyembelih anaknya Ismail, dalam usaha mentaati perintah Allah. Walaupun akhirnya beliau, Ismail, diganti dengan seekor kambing. Umat muslim diharapkan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dengan menyembelih kambung Qurban sebagai simbol ibadah. Ibadah qurban selain melambangkan ketaatan umat muslim kepada perintah Allah, juga berfungsi sosial. Momen ini membuka mata kita lebar – lebar, bahwa masih banyak masyarakat kita yang tidak mampu untuk menikmati daging qurban. Ketaatan kepada tuhan ini haruslah penuh keikhlasan, tidak mengharapkan pujian apalagi imbalan.

qurban
(Gambar : cindepedia.com)

Di Hari Raya Idul Qurban ini, Astra juga ikut berbagi kebahagiaan bersama umat Islam di seluruh Indonesia, termasuk surabaya. Di kota yang terkenal dengan Tugu Pahlawan, tercatat lebih dari 1600 hewan qurban diserahkan Astra kepada masyarakat, baik berupa sapi maupun kambing.

Mushola di dekat penulis, kebetulan berlokasi tak jauh dari salah satu unit usaha Astra, Toyota, mendapatkan 2 ekor sapi untuk disembelih dan dibagikan kepada warga sekitar. Sapi itu diantarkan sendiri oleh pihak manajemen Astra kepada takmir mushola. Penduduk sekitar menyatakan, penyerahan hewan qurban rutin dilakukan Astra setiap tahun. Salah satu tanda bahwa di tengah zaman yang semakin kacau ini, masih ada kepedulian kepada sesama.

Selain kesehatan hewan qurban, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pembagian daging qurban oleh panitia. Sering kita lihat di televisi maupun media massa, banyak terjadi kericuhan akibat ketidaksiapan panitia mengantisipasi penerima daging qurban. Di lain pihak, para penerima seakan takut tidak kebagian, meskipun sebenarnya sudah dikalkulasi dengan cermat oleh panitia. Alhamdulillah, penyerahan yang dilakukan panitia qurban di masjid – masjid surabaya relatif berjalan dengan tertib dan lancar.

Semoga dengan momen qurban ini, semakin menyadarkan kita, bahwa berbagi dengan saudara kita yang kurang mampu itu sangatlah bermakna, walaupun hanya lewat sebungkus daging qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *