pensil warna

6 Teknik Mewarnai dengan Pensil Warna

Youngjutawan.com – Pensil warna merupakan alat mewarnai gambar yang tidak kalah menarik dan digemari daripada alat mewarnai lainnya. Pasalnya, pensil warna memberikan kemudahan tersendiri untuk menjaga proses mewarnai yang tidak keluar dari garis gambar.

Mewarnai menggunakan pensil warna ternyata memiliki sejumlah teknik. Mengetahui tentang teknik ini akan snagat membantu Anda dalam menghasilkan gambar yang sempurna dan look like real. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja saya sajikan informasi mengenai 6 teknik mewarnai dengan pensil warna berikut ini.

  1. Lakukan Stippling

Teknik pertama yang paling mudah yang dapat Anda terapkan pada gambar Anda adalah teknik stippling. Tidak banyak pembasahan yang akan saya paparkan di poin pertama ini. Intinya, stippling merupakan teknik menggunakan titik-titik halus yang bertujuan untuk menambah kreasi dalam pewarnaan gambar.

  1. Back & Forth Stroke

Selain stippling, teknik yang paling umum lainnya adalah teknik back & forth stroke ini. Teknik ini sangat sederhana bahkan anak-anak yang baru saja belajar mewarnai dengan pensil warna pun telah mampu mempraktikkan teknik ini. Teknik back & forth stroke dilakukan dengan cara membolak-balikkan gerakan tangan saat sedang mewarnai.

  1. Lakukan Hatching

Teknik ketiga yang bisa Anda lakukan adalah hatching atau disebut juga dengan arsiran. Nah, saya yakin bahwa Anda pasti tahu maksud dari arsiran di sini bukan? Ya, cara melakukan teknik ini sangat sederhana yakni hanya dengan membuat garis-garis paralel untuk membentuk sebuah warna atau bayangan. Namun, perlu diingat bahwa garis-garis di dalam arsiran ini harus searah.

  1. Lakukan Cross-hatching

Teknik cross-hatching merupakan teknik lanjutan atau pengembangan dari teknik hatching. Artinya bagaimana? Seperti namanya, teknik ini dilakukan dengan cara menimpa garis paralel sesuai dengan teknik hatching dengan garis lainnya sampai mereka saling berpotongan atau disebut juga dengan crossing.

  1. Scumbling

Sebenarnya teknik kedua yakni teknik back & forth stroke sangat ampuh digunakan jika Anda bertujuan untuk menghasilkan warna yang solid. Namun, Anda juga bisa menerapkan teknik scumbling. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakkan pensil warna secara melingkar tanpa mengangkatnya sampai Anda mendapatkan warna yang solid.

  1. Gunakan Lapisan Warna Berbeda dalam Satu Area

Setelah Anda mengetahui beberapa teknik di atas, saatnya Anda combine teknik-teknik tersebu untuk menghasilkan gambar yang nampak lebih hidup. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan warna berbeda dalam satu area gambar.

Contohnya, warna daun memang hijau. Namun jika Anda mewarnainya dengan satu warna hijau saja, maka gambar pemandangan akan terkesan tidak real. Anda bisa menggabungkannya dengan warna hijau muda misalnya.

Demikianlah 6 buah teknik mewarnai dengan pensil warna yang siapapun bisa menerapkannya baik itu pemula atau yang sudah sering mewarnai namun belum terlalu paham dengan teknik. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *