Blogger Medan – Pengalaman Menjadi Blogger

Jaman sekarang memang sudah didukung dengan kemajuan teknologi. Otomatis, semakin hari semakin banyak blogger-blogger kreatif dengan tulisan yang variatif bermunculan. Itu 
berarti dunia tulis menulis sudah siap menerima penulis-penulis baru yang dimulai dari blog, pada dasarnya gak sedikit blogger yang ingin memproduksi buku sendiri. Kebanyakan dari blogger-blogger kreatif memang hobby baca tulis, karena itu merupakan cara untuk mendapatkan materi baru yang lebih menarik.


Aku termasuk orang baru di dunia blog. Baru main blog setelah bosan bermain game. Kurang lebih tahun 2014’an baru punya blog sendiri, karena sebelumnya punya blog dibuat rame-rame, 3 artikel ganti. Punya blog sendiri ternyata ada enak dan gak enaknya. Semua serba sendiri, mulai dari posting artikel, desain blog, edit template, edit layout, sampai gak dapet duduk di bus pun sendiri, itu berdiri. Enaknya aku bisa mengexplore apa yang aku lihat, aku dengar, aku rasa di blog. Nambah skill menulis, selain itu juga tahu bagaimana cara desain blog, ganti template dll. Kalau dapet pacar lewat blog belum.


Pertama nulis artikel pasti malu sendiri, padahal nulis-nulis sendiri, baca-baca sendiri, malu-malu sendiri. Tiap nulis gak pernah dishare, alhasil gak ada yang baca tulisanku selain aku sendiri. Namun, setelah mikir kalau percuma nulis capek-capek tapi gak ada yang ngerespon, baru aku beranikan diri untuk ngeshare di Facebook, twitter, dll. Tulisannya gak jelek-jelek amat, tapi lumayan bisa buat orang muntah. Andai itu bukan aku yang nulis, pasti juga ikutan muntah.


Setalah berani share artikel, blogger-blogger lain pun berdatangan untuk nulis komentar mereka di kolom koment. Ada yang suka ( entah kepaksa atau gimana? ), ada yang numpang link doank ( korban SEO ), ada yang cuma minta dikoment balik, ada juga yang sekedar ngebaca tanpa ninggalin koment ( mungkin menurut mereka komentar di blog berbayar ).


Berhubung ada gak waktu buat beli buku karna gak ada duit. Bingung ? sama.. Untuk dapet materi baru atau inspirasi baru biasanya aku mengunjungi blog orang yang sudah koment di blog ku, sekalian untuk mengakrabkan diri sesama blogger. Blogwalking memberi banyak manfaat, salah satunya aku bisa menambah cara penulisan, menginspirasi desain blog, dapet ide nulis, menambah sudut pandang seseorang terhadap suatu pokok bahasan, dapet gebetan belum.


Setelah blogwalkingan, aku baru nemu kalau di luar sana ternyata ada banyak komunitas-komunitas blog yang kreatif. Sekarang yang aku ikuti ada Blog M (Blogger Medan) , Komunitas Blogger Disekolah Young Blogger. Dengan bergabung di komunitas blog, tentu bisa menambah wawasan tentang blog, tuker link, diskusi blog, nambah temen, nambah koleksi calon gebetan dll.

Dunia blog menurutku sangat seru, membuat siapapun subyeknya harus update tentang apapun di dunia ini. Bisa mendapat banyak pengetahuan.
Saya biasanya kalau update artikel masih cari-cari tempat nongkrong yang ada wifi gratisnya minimal ada wifi.id nya lah haha. Kalau didaerah yaitu medan tuntungan saya biasanya nongkrong di Ricco Pasta yang di setiabudi yang didekat Roti mawar. Disini wifi.id kencang loh jadi cocoklah buat update artikel.
Kalau kalian juga mau nongkrong di ricco pasta mereka mempunyai 4 cabang yang tersebar di kota medan yaitu.
  1. Setiabudi ( Didekat Roti Mawar)
  2. Centre Point ( YellowCup Market)
  3. Thamrin Plaza (Dloft FoodCourt)
  4. Dcruise (yossudarso)

One thought on “Blogger Medan – Pengalaman Menjadi Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *